Breaking News

325 Kader Trantibkum Diminta Berikan Rasa Aman dan Nyaman


REJANG LEBONG - baru-baru ini Bupati Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Ahmad Hijazi telah melantik sebanyak 325 orang Kader Trantibkum yang akan ditempat dikawasan wilayah Lembak dengan tujuan untuk mengamankan dan membela kenegaraan NKRI.

Untuk itu, menurut dia, bagi mereka yang sudah dilantik untuk dapat segera menyesuaikan diri dengan tugas-tugas yang tertuang dalam SK tersebut. Salah satunya dengan memberikan bimbingan dan perlindungan kepada masyarakat disetiap Desa dan Kelurahan.

Jadi 325 orang Kader Trantibkum yang dilantik itu untuk 65 desa sisanya direkrut lagi tahun depan dengan jumlah sebanyak 455 orang. Kader Trantibkum ada dinaungan Pemerintah Daerah yang terdiri dari unsur wanita, tokoh pemuda, unsur adat, tokoh agama, unsur hukum. Sehingga bila ada musibah atau masalah yang ada dimasyarakat dapat turun langsung melakukan penyelesaian bersama pihak terkait lainnya," jelasnya.

Pada prinsipnya kader yang direkrut Pemerintah Daerah ini diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman disetiap Desa dan Kelurahan dan mampu menjadi ujung tombak dalam melakukan upaya penyelesaian permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Sebagai contoh bila ada kasus warga yang tertangkap karena mencuri ayam. Dalam kasus tersebut kader ini berperan agar menenangkan massa untuk tidak langsung main hakim terhadap pelaku pencuri ayam.

Sedapat mungkin ada penyelesaikan ditingkat masyarakat dengan berkoordinasi dengan Polsek, Koramil dan Pemerintah Kecamatan setempat dan itu tidak bisa lepas koordinasinya yang dipelopori kader Tratibkum tersebut," jelasnya.[**/E01]

Tidak ada komentar