Breaking News

Kades Seluma "Galau" DD Tahap Dua Belum Mencair


SELUMA - Para Kepala Desa di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu saat ini mulai terlihat "galau" lantaran pencairan Dana Desa Tahap dua (II) tahun ini belum kunjung mencair. Meski para Kades telah melaporkan realisasi kegiatan dari DD tahap pertama namun asa untuk mencairkan DD tahan kedua membuat mereka harus bersabar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Seluma, Deddy Ramdani, kepada wartawan menyatakan bahwa pihaknya sudah mengajukan pencairan DD tahap kedua ke pemerintah pusat pada bulan Agustus lalu. Semua syarat pencairan dua sudah terpenuhi yakni minimal 75 persen dari jumlah desa yang ada sebanyak 182 Desa di Kabupaten Seluma.
Jadi saat ini kita tinggal menunggu proses transfer dari pusat. Bila sudah masuk di Kasda akan langsung kita transfer ke rekening masing-masing Desa," ujarnya.
Ia berharap kepada Kepala Desa dapat bersabar meski pihakya tidak bisa memastikan kapan pemerintah pusat akan mencairkannya. Namun dalam waktu yang tidak terlalu lama ini DD tahap kedua bisa dicairkan oleh pusat.
Kemungkinan pertengahan bulan ini sudah bisa cari. Yang jelas tidak sampai bulan depan karena syarat yagn diajukan sudah lengkap dan dokumen sudah siap semuanya," jelasnya.
Sementara itu dari 182 Desa di Seluma, ada beberapa desa yang belum menyampaikan laporan DD tahap pertama. Diperkirakan ada 20 Desa lagi yang belum menyelesaikan laporan DD tahap pertama untuk itu dia berharap kepada desa yang belum melaporkan realisasi DD harapa diselesaikan bila ingin melakukan pencairan tahap kedua.[**/E01]

Tidak ada komentar