Breaking News

Pemetaan Wisata Unggulan Mulai Dilakukan Menuju Visit Bengkulu 2020



BENGKULU - Guna menyukseskan program prioritas Pemerintah Provinsi Bengkulu sebagai Kota Wisata bertaraf Nasional dan Internasional tahun 2020 maka saat ini Pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bengkulu mulai melakukan pemetaan seluruh objek wisata unggulan yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota.

Ketua Tim Ahli Pemetaan dan Klasifikasi, Dr. Panji Suminar, MA, disela-sela kegiatan pemetaan yang dilakukan di Kabupaten Kepahiang selama 2 hari (08 Oktober 2017), menjelaskan pemetaan dan klasifikasi wisata unggulan diseluruh wilayah Provinsi Bengkulu menjadi sangat penting. Hasil pemetaan tersebut nantinya akan menjadi bahan laporan untuk kemudian dituangkan dalam program pembangunan sarana dan prasarana disektor wisata tahun 2018. Sehingga melalui Program Visit 2020 Wonderful Bengkulu 2020 bisa tercapai secara maksimal.

Makanya kunjungan kita hari ini (kemarin) hingga seluruh objek wisata yang ada di 10 Kabupaten/Kota bisa terpetakan. Sebagai contoh, wisata unggulan disini (Kepahiang) yakni Kebun Teh Kabawetan. Hasil pemetaan sementara tim ahli, menilai bahwa wisata unggulan Kebun Teh di Kepahiang sudah layak karena beberapa faktor atau sarana pendukung utama seperti akses ke lokasi wisata sudah memadai," ujar Dosen Fisip Unib ini.


Selain itu, sarana objek wisata pendukung Kebun Teh Kabawetan tak kalah indahnya seperti dua objek air terjun Curuq Embun dan Air Terjung Sengkuwang mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Maka dari itu, beberapa kekurangan yang ada itu nantinya akan menjadi pertimbangan sekaligus catatan penting bagi Pemerintah Provinsi atau pun dari Kabupaten Kepahiang untuk saling bersinergi mendukung pengembangan objek wisata tersebut melalui alokasi anggaran.

Pengembangan objek wisata harus dilakukan Pemerintah secara serius melalui dukungan anggaran yang besar. Maka konsep wisata unggulan harus mampu memberikan daya tarik besar pengunjung karena dampak dari program tersebut akan menggerakkan sektor ekonomi masyarakat sekitar lokasi dan PAD bagi Pemerintah Daerah pada akhirnya," paparnya.


Konsep wisata sangat komplek dan saling berkaitan satu sama lain. Sebab menurutnya, konsep wisata tidak terpaku pada objek wisata yang menarik tapi mampu didukung dengan sarana lainnya, seperti menu makanan yang khas sehingga bisa dikembangkan konsep wisata kuliner. Lalu, sejarah yang ada disebuah lokasi wisata yang dibuktikan dengan adanya benda peninggalan sejarah sehingga bisa dikembangkan program wisata sejarah. Atau wisata religi terkait tradisi atau ritual adat yang ada disebuah daerah wisata.

Maka dengan pemetaan ini bisa melahirkan konsep wisata yang komprehenship menuju Visit 2020 Wonderful Bengkulu," tutupnya.[**/E01] 

Inilah Objek Wisata Unggulan yang akan dikunjungi Tim Pemetaan Provinsi Bengkulu
1. Bengkulu Tengah : Sungai Suci, Pantai Danau Gedang dan Habitat Bunga Raflesia
2. Kepahiang : Kebun Teh Kabawetan, Danau Suroh
3. Seluma : Pantai Alas Maras, Lubuk Resam dan Air Terjun Batu Bekiyau
4. Bengkulu Utara : Wisata Palak Siring, Ddanau Gedang, Air Terjun 9 Tingkat dan Pulau Enggano
5. Bengkulu Selatan : Wisata Pantai Pasar Bawah, Wisata Arung Jeram, dan Air Terjun Geluguran
6. Rejang Lebong : Suban Air Panas, Danau Mas Harun Bastari dan Bukit Kaba
7. Lebong : Arung Jeram, Danau Tes dan Air Putih
8. Kaur : Pantai Laguna, Pantai Way Hawang dan Danau Kembar
9. Mukomuko : Danau Nibung, Padang Paneak dan Danau Lebar
10. Kota Bengkulu : Pantai Panjang, Benteng Marlborough, Danau Dendam, Rumah Bung Karno dan Pulau Tikus.

Tidak ada komentar