Breaking News

KPU Kota Koreksi Dukungan KTP Ganda Dua Bacalon



KOTA BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu masih melakukan koreksi terhadap jumlah dukungan KTP (Kartu Tanda Penduduk), kedua pasangan bakal calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu.

Ditemui di Aula KPU Kota Bengkulu, Senin pagi (27 November 2017), Ketua Darlinsyah, S.Pd, M.Si, mengungkapkan, proses penelitian berkas jumlah dukungan KTP masing-masing Bacalon masih berlangsung ditingkat Pokja.

“Mudah-mudahan penelitian jumlah dukungan dan sebaran ditiap Kecamatan dalam beberapa jam kedepan sudah bisa diketahui hasilnya. Apakah memenuhi syarat (MS) ataua tidak memenuhi syarat (TMS). Tahap selanjutnya, tim Pokja akan mengecek jumlah dukungan KTP ganda. Dukungan ganda ini terbagi dalam dua kategori yakni, ganda internal dan ganda eksternal.  Bila nanti ditemukan jumlah dukungan KTP ganda internal masing-masing Bacalon maka kami hanya satu dukungan selebihnya kita hapus,” ujarnya.

Lalu, untuk ganda eksternal, Dosen UMB ini menambahkan, KPU akan menggunakan Sistem Informasi Calon (Silon) untuk menyandingkan data dukungan KTP keseluruhan masing-masing Balon yang diserahkan dalam berkas.

“Jadi kami nanti tidak lagi menggunakan cara manual tapi sudah berbasis aplikasi Silon. Setelah masuk dan dicek lewat Silon nanti bisa ketahun berapa banyak dukungan KTP ganda eksternal masing-masing Balon yang langsung diberikan tanda. Pada saat tahapan verifikasi faktual barulah kami akan melayangkan surat kepada setiap orang yang memberikan dukungan tersebut memilih salah satu,” paparnya.      

Sementara itum untuk informasi, jumlah dukungan KTP Bakan calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu 2018-2023. Mayor Inf. David Suardi-Drs. Bakhsir, MM, berhasil mengumpulkan sebanyak 24.902 dan Jahin-Khairunnisa, sebanyak 24.342. Sedangkan jumlah dukungan KTP yang ditetapkan minimal 22.492.

Terkait Pasangan Balon yang kemungkinan akan mendaftarkan lagi ke KPU Kota. Ia mengaku hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi terkini soal tersebut. Yang jelas, beberapa waktu lalu KPU Kota sudah mencoba  mengundang dan bertemu kepada setiap Balon yang ingin maju. Namun hingga ini baru 2 Balon yang sudah menyerahkan secara resmi dukungan Balon jalur perseorangan.[DMR]

Tidak ada komentar