Breaking News

Peserta Kabupaten/Kota Antusias Ikuti FGD Pemetaan Dan Klasifikasi Wisata

 
Sukseskan visti wonderful Bengkulu 2020
BENGKULU – Bertempat disalah satu hotel ternama di Provinsi Bengkulu, Selasa pagi (12 Desember 2017), pihak Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan dan Klasifikasi Daya Tarik Wisata Provinsi Bengkulu, yang diikuti seluruh perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota. 

Antusiasme tinggi itu terlihat dari beberapa peserta yang hadir langsung dihadiri pejabat berkompeten masing-masing Kabupaten/Kota. Plt Gubernur yang diwakili Asisten II Pemda Provinsi Bengkulu, Ari Narsah JS, dalam sambutannya mengapresiasi atas kerjasama pihak Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota dalam mendukung program unggulan Provinsi Bengkulu menuju “Visit Wonderful Bengkulu 2020” sebagai upaya menarik wisatawan berkunjung ke Provinsi Bengkulu.

Asisten II Pemda Provinsi Ari Narsah


Kita sangat mendukung inisiasi dan program dari Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dalam menyukseskan program Gubernur menjadikan Bengkulu sebagai tujuan wisata skala Nasional dan Internasional. Tentu semua itu tidak akan tercapai tanpa adanya kerjasama pihak Pemda Kabupaten/Kota melalui Dinas Pariwisatanya masing-masing,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota untuk sama-sama mengelolah potensi objek wisata di daerahnya. Apalagi banyak sekali potensi wisata yang belum dimaksimalkan sehingga dengan FGD ini akan terbangun semangat dan sinkronisasi program bidang pariwisata.

Kita juga mengharapkan pihak dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bengkulu untuk ikut berperan berkoordinasi kepada pihak dari Kementerian Kehutanan untuk menurunkan status objek wisata alam yang masih status seperti kawasan cagar alam atau hutan lindung da sebagainya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, melalui Sekretaris, Januar Jumalinsyah, menjelaskan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan dan Klasifikasi Daya Tarik Wisata Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu, tidak lain untuk menampung masukkan masing-masing Kabupaten/Kota untuk menyampaikan pandangan dan masukkan kepada pihak Pemda Provinsi.

Dari hasil survey tim Pemetaan yang didampingi Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu belum lama ini sudah dirampungkan. Hasilnya hari ini, dibahas tuntas dalam forum diskusi untuk menentukan mana objek wisata yang layak diprioritaskan menjadi kawasan wisata unggulan. Tentu untuk menghasilkan objek wisata unggulan tim pemetaan dari kalangan akademisi memiliki kriteria khusus sesuai dengan standar yang baku. Jadi bukan kami dari Pariwisata yang menentukannya,” jelasnya.

Dari 10 Kabupaten/Kota yang diajukan kepada Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, pihaknya akan mengerucutkan sebanyak 5 Daerah Kabupaten/Kota. Setalah didapat hasilnya kemudian tim pemetaan kembali akan merampingkan lagi daerah menjadi 3 Kabupaten dan pada akhirnya diambil 1 wilayah untuk dijadikan unggulan Provinsi.

Daerah yang terpilih nanti akan diberikan bantuan program pengembangan objek kawasan wisata melalui dukungan dana APBD Provinsi Bengkulu dan APBN. Untuk besaran nilainya kita belum bisa memastikan yang jelas bagi daerah yang terpilih akan dimaksimal Pemerintah Provinsi,” paparnya.[Adv/Damar]

Foto Kegiatan FGD Pemetaan Dan Klasifikasi Daya Tarik Wisata Provinsi Bengkulu



Tidak ada komentar