Breaking News

Perkuat Ekonomi Desa, Batu Panco Alokasikan Rp 204 Juta BUMDes



REJANG LEBONG – Untuk memperkuat sistem ekonomi desa disuatu wilayah maka hadirnya Lembaga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat dikelola langsung masyarakat atau kelompok dibawah pengawasan Pemerintah Desa dan didukung dengan penyertaan modal.

Tahun 2017 lalu, Pemerintah Desa Batu Panco Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, telah merencanakan secara matang alokasi dana penyertaan modal untuk dialokasikan ke lembaga BUMDes sebesar Rp 204 juta. Dana tersebut dipergunakan untuk membuka unit usaha diantaranya, pengadaan alat tarub lengkap dengan alat prasmanan. Lalu, koperasi simpan pinjam secara konfensional bagi masyarakat petani dan selanjutnya pengadaan bibit ikan bagi kelompok  budidaya ikan (Pokdakan) yang berjumlah 2 kelompok.

Kepala Desa setempat, Jauhari, SE, kepada wartawan RealitaPost.com, ditemui di Kantornya, menjelaskan bahwa penyertaan modal usaha BUMDes ini sebagai program yang telah diamanatkan Pemerintah Pusat untuk meningkat roda ekonomi sesuai dengan potensi desa yang ada.

“Setelah melalui berbagai pertimbangan bersama semua elemen masyarakat Desa akhirnya kami putuskan pembuatan alat tarub, bantuan bibit ikan dan koperasi kebutuhan pertanian. Karena semua itu potensi desa yang bisa dikembangkan menjadi unit usaha Desa,” ujarnya.

Dalam waktu dekat ini, lanjut dia, sebanyak 2 Pokdakan Desa Batu Panco berhasil mendapatkan program bantuan alat pembuatan pakan ikan dari Dinas Perikanan Provinsi Bengkulu. Hal ini menjadi jawaban bahwa potensi budidaya ikan di Desa tersebut sangat menjanjikan. Dengan adanya bantuan alat pembuatan pakan ikan ini nantinya diharapkan anggota Pokdakan dapat memanfaatkan secara maksimal.

“Bila anggota Pokdakan kami ini sukses memproduksi pakan ikan skala besar dan berkualitas maka Pemerintah Desa siap membantu kebutuhan anggaran desa untuk memproduksi skala besar. Bukan tidak mungkin se Kabupaten ini akan menjadi pasar pakan ikan bagi Desa Batu Panco. Untuk itu kesiapan SDM menjadi perhatian serius Pemdes,” jelasnya.[DMR]

Tidak ada komentar