Breaking News

Bakum Sesdakot Gelar Bimtek Implementasi UU OPD




Bengkulu – Sebanyak 60 orang peserta mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi Perundang-Undangan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang digelar pihak Bagian Hukum Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Selasa (27 Februari 2018) yang dipusatkan di hotel ternama di Kota Bengkulu dan dibuka langsung Sekda Kota Bengkulu, Marjon bersama pejabat tinggi Kota Bengkulu. 

Dalam sambutannya, Marjon menyampaikan bahwa segala sesuatu yg berhubungan dengan hukum dan peraturan akan menjadi sempurna dalam implementasinya jika sebelumnya dilakukan bimtek. “Peraturan ini kadang rancu, karena yang membuatnya tidak memahami tatanan hukum, kita kadang hanya bisa membuat tapi tidak bisa mengimplementasikan” katanya.

Marjon pun mengingatkan bahwa setiap OPD yang harus bisa menjadi inisiator dalam perancangan regulasi. “Jangan sedikit-sedikit ke bagian hukum, sedangkan yang punya regulasi OPD itu sendiri,” paparnya.

Jika pola yang saat ini masih dilakukan yakni membuat regulasi di bagian hukum mulai dari perencanaan hingga draft regulasi tentunya bisa menyita proses produk-produk hukum lainnya.

Masih menurut dia, semua OPD khususnya pembuat regulasi agar memaksimalkan penggunaan IT, data produk hukum yang ada harus disimpan rapi dan diarsipkan. “Kita punya aplikasi untuk penyimpanan, manfaatkan itu agar mempermudah saat ada yang membutuhkan datanya” tambahnya.

“Bimtek ini perlu dilakukan agar ada kesempurnaan dan kualitas hukum untuk meminimalisir kesalahan produk hukum,”demikian Marjon.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabag Hukum Setda Kota Bengkulu, Pejabat Kanwil Kemenkumham provinsi Bengkulu dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu.

Kabag Hukum Setda Kota Bengkulu Abdul Rais mengatakan ada dua narasumber yang dihadirkan dalam Bimtek tersebut, yakni Kasubag Perundang-undangan Bagian Hukum Setda Kota Bengkulu dan dari Kemenkumham Provinsi Bengkulu.[Adv/DMR]

Tidak ada komentar