Breaking News

Dinas Pangan Kepahiang Genjot Program Pemanfaatan Pekarangan


 
Ilustrasi: program pemanfaatan pekarangan rumah dengan aneka tanaman buah dan sayuran bisa memberikan banyak keuntungan besar bagi masyarakat.
BENGKULU – Mulai tahun ini Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, mengenjot program pemberdayaan pemenfaatan lahan pekarangan warga dengan aneka tanaman pangan.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Ir. Romlan Agani, M.PA, melalui Sekretaris Ronal, Jumat pagi (23 Maret 2018), diruang kerjanya menjelaskan program tersebut tengah disusun secara matang melalui bidang terkait.

“Program pemanfaatan pekarangan rumah warga ini tidak lain bertujuan agar meningkatan ketahanan pangan masyarakat dengan aneka tanaman seperti cabai, sayur mayur, tomat, palawija, buah-buahan berkualitas. Tanaman yang ditanam tersebut selain dapat dikonsumsi sendiri juga bisa jual menambah pendapatan masyarakat. Bahkan pekarangan bisa lebih asri dan nyaman karena banyak tanaman hijau yang tumbuh,” ujarnya.

Program ini juga, lanjut dia, sebagai upaya mendukung program Pemerintah Provinsi Bengkulu karena Kabupaten Kepahiang ditunjuk sebagai tuan rumah festival montempele atau pameran buah-buahan dan sayur mayur yang dipusatkan di Kampung Bogor sampai Tangsi Duren tahun 2020.

“Makanya mulai tahun ini (2018) kita genjot program tersebut. Konsepnya nanti setiap wisatawan lokal dan luar daerah yang datang tidak hanya menikmati objek wisata alam dan pameran yang ditampilkan. Melainkan bisa menikmat anek tanaman sayur manyur dan buah-buahan hasil tanaman warga yang ada disetiap pekarangan rumah,” paparnya.[BEN]

Tidak ada komentar