Breaking News

Puskesmas Pasar Kepahiang Siapkan Vaksinasi TT Catin Wanita



Kepala Puskesmas Pasar Kepahiang drg Trias Widiastuti menjalin MoU dengan Kepala KUA Kecamatan Kepahiang terkait kewajiban memberikan suntik vaksinasi tetanus toksoid (TT) bagi Calon Pengantin Wanita

KEPAHIANG – Saat ini Puskesmas Pasar Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu telah menyiapkan vaksinasi tetanus toksoid (TT) bagi para calon pengantin (Catin) perempuan yang akan melangsungkan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kepahiang.

Ditemui wartawan RealitaPost.com, Jumat pagi (16 Maret 2018), Kepala Puskesmas Pasar Kepahiang, drg. Trisia Widiastuti, menjelaskan pemberian suntik vaksinasi TT kepada Catin sebagai tindaklanjut dari kerjasama (MoU) dengan KUA Kecamatan Kepahiang beberapa waktu lalu.

“Pemberian vaksinasi TT adalah aturan wajib dari Pemerintah sehingga bagi pasangan catin wanita yang ingin menikah wajib mengantongi surat sakti bebas TT. Vaksinasi ini bertujuan agar pada saat hamil anak yang tidak terinveksi tetanus toksoid (TT),” ungkapnya.


Alhamdulillah sejauh ini, lanjut dia, angka bayi baru lahir terinveksi tetanus belum ada namun upaya pencegahan harus terus dikampanyekan agar tidak terjadi. Disisi lain kasus DBD khusus diwilayah tugas Puskesmas Pasar Kepahiang tidak ada. Kasus lain yang cukup serius yakni TBC yang mencapai 100 orang tepatnya di Desa Kampung Bogor. Untuk itu program yang telah dilakukan dengan membentuk pos kesehatan guna menekan angka penderita TBC yang masuk kategori menular.

“Dengan berbagai program yang sudah kita jalankan maka kasus gangguan kesehatan bagi warga diwilayah kita bisa ditekan. Kalau pun terjadi jumlahnya tidak banyak dan cepat ditanggulangi,” jelasnya.[BEN]


Tidak ada komentar