Breaking News

Diduga Diintervensi, Kepsek SDN 3 Mengundurkan Diri


PESISIR BARAT – Kasus Penggusuran SDN 3 Kecamatan Pesisir Tengah Kabuptaen Pesisir Barat Provinsi Lampung, oleh Pemerintah setempat rupanya berbuntut panjang. Tak hanya persoalan kegiatan belajar mengajar yang dikecam banyak pihak. Tapi aksi protes dan aksi solidaritas KOIN PEDULI pun mengalir deras terhadap nasib siswa-siswi SDN 3 tersebut.

Kabar terbaru, Kepala SDN 3, Yunarti, secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya lantaran diduga tak kuat dengan intervensi sejumlah pihak terutama dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Barat. Kabar tersebut pun sampai ketelinga banyak pihak termasuk LSM.

Kepada wartawan, Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Pemberantas Korupsi ( LSM-GEPAK), Ade, Selasa siang (03 Maret 2018), mengaku prihatin dengan kondisi dunia pendidikan di Kabupaten Pesisir Barat pasca penggusuran SDN 3. Kabar mundurnya Kepala Sekolah SDN 3 tersebut cukup mengganjal publik.

Pasalnya, Yunarti, berdalih penguduran dirinya lebih disebabkan karena faktor  kesehatan. Hal itu dinilai sangat aneh dan tidak masuk akal."Jadi saya pikir itu alasan akalan-akalan saja. Apalagi berita penggusuran SDN 3 sudah mencuat sehingga boleh jadi menjadi tekanan berat dari atasannya,” tegasnya.

Sementara itu, Dwi Karyanto pengamat birokrasi di Pesibar, mengatakan, pengunduran diri sikap yang baik daripada menjabat tetapi ditekan dari atasan, Menurut dia, jarang ada birokrat di Kota manapun dan Pemerintah Provinsi yang mundur dari jabatannya. 

Seharusnya pihak Pemerintah harus mengambil sikap untuk secepatnya mencari solusi bagaimana menciptakan dan membuat gedung untuk sekolah yang digusur. Tidak ada gunanya mengintervensi pihak bawahan.

”Ketika orang berlomba mencari jabatan, Kepsek justru mundur. Perlu mendapat apresiasi
namun ada sedikit kejanggalan dari sikap yang dilakukan Kepala Sekolah tersebut,” katanya sembari menggambarkan kalau pengunduran diri Kepala Sekolah biasanya terjadi karena tekanan terlalu kuat sehingga ia harus mundur.[DONGAH]

Tidak ada komentar