Breaking News

Kartu BPJS Ketenagakerjaan "Sejuta" Manfaat Bagi Pekerja


 
Wujud nyata klaim yang dibayarkan langsung BPJS Ketenagakerjaan Kota Bengkulu kepada peserta yang mendapatkan musibah
RP, Bengkulu - Pekerja atau buruh merupakan salah satu instrumen penting dalam kemajuan perekonomian sebuah daerah. Tidak terkecuali Provinsi Bengkulu, pasalnya itu menjadi Instrumen penting, karena pekerja adalah Tulang punggung perekonomian khususnya di sektor swasta.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan Badan Hukum Publik yang berfungsi sebagai badan yang menjamin kesejahteraan Pekerja di segala sektor Usaha. DI kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi bengkulu Sendiri sebanyak 1980 Perusahaan/Pemberi Kerja telah mendaftarkan diri dan melindungi Lebih dari 110.615 pekerja berdasarkan data per bulan April 2018.

“Saat melaksanakan kegiatannya sering kali pekerja mengalami kejadian yang tidak di inginkan seperti kecelakaan saat bekerja dan kejadian lain yang tidak diinginkan. Dalam hal ini lah BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan berlimpah bagi para pekerja yang mendapatkan musibah,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Bengkulu, Aris Daryanto, kepada wartawan realitapost.com

BPJS Ketenagakerjaan, tidak hanya melindungi dari resiko kecelakaan kerja semata, namun juga melindungi pekerja dari resiko kematian, memberikan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun Resiko Kecelakaan Kerja ditanggulangi melalui Program Jaminan Kecelakaan Kerja.

Jaminan Kecelakaan Kerja memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

“Untuk iuran dibayarkan oleh pemberi kerja yang dibayarkan (bagi peserta penerima upah), tergantung pada tingkat risiko lingkungan kerja, yang besarannya Mulai dari 0,24 %-1,74% dari Upah Sebulan,” jelasnya.

Selanjutnya Pekerja juga terlindungi dari resiko Kematian, Jaminan Kematian merupakan Program yang memberikan manfaat berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia saat kepesertaan aktif bukan akibat kecelakaan kerja. Santunan itu sekaligus diberikan sebesar Rp16.200.000 serta santunan berkala selama 24 Bulan, dengan rincian 24 x Rp 200.000,00 = Rp 4.800.000.

Biaya Pemakaman dan Bantuan beasiswa bagi anak. Iuran Jaminan Kematiansangat kecil hanya sebesar 0.3 persen dari Upah bagi Peserta Penerima Upah (PU) atau Rp  6.800 bagi Peserta Lalun untuk, Bukan Penerima Upah (BPU) Jaminan Hari Tua merupakan Program yang memberikan manfaat berupa uang tunai yang nilainya tergantung dari akumulasi iuran ditambah dengan hasil Pengembangannya.
“Besaran iurannya JHT yakni 2 persen dari pekerja dan 3,7 persen dari Pemberi Kerja berdasarkan besarnya upah yang dilaporkan. Jaminan Pensiun memberikan manfaat pensiun Berupa sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan, berdasarkan syarat-syarat Tertentu kepada peserta yang memasuki usia pensiun , mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia.

Manfaat Program Jaminan, Pensiun terdiri manfaat Pensiun Hari Tua, Manfaat Pensiun Cacat, Manfaat Pensiun Janda/duda, manfaat Pensiun Anak, manfaat Pensiun Orang Tua. Untuk iuran program jaminan pensiun dihitung sebesar 3 persen, yang terdiri atas 2 persen iuran pemberi kerja dan 1 persen iuran pekerja.

Keempat program BPJS Ketenagakerjaan tersebut merupakan Program yang sempurna untuk melindungi para pekerja/buruh dari segala macam resiko pekerjaan. demi berhasilnya pembangunan perekonomian Nasional melalui strategi peningkatan Kesejahteraan Pekerja. Bahkan selain dari 4 manfaat program Tersebut, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki Program tambahan berupa Perumahan Pekerja, Promo dan diskon belanja.(BUDI)

Tidak ada komentar