Breaking News

UPTD BP-PNFI DISDIKBUD Provinsi Resmi Beralih BP PAUD-DIKMAS Bengkulu Ditjen PAUD & DIKMAS KEMDIKBUD

Ka. BP PAUD DIKMAS Bengkulu Ditjen PAUD DIKMAS KEMENDIKBUD, Sa'adah Ridwan
BENGKULU – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 5 tahun 2017 status Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal (BP-PNFI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu resmi beralih status menjadi Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Bengkulu Direktorat Jendral PAUD & DIKMAS Kemendikbud.

Ketika ditemui wartawan online RealitaPost.com, Senin (30 April 2018), Kepala BP PAUD-DIKMAS Bengkulu, Sa’adah Ridwan, menjelaskan tugas pokok dan fungsinya adalah melaksanakan pengembangan program mutu PAUD dan Pendidikan Masyarakat yang ada di Provinsi Bengkulu. Selain itu juga, melakukan pemetaan mutu PAUD dan DIKMAS, Supervisi satuan pendidikan dan memfasiltiasikan penyusunan serta pelaksanaan PAUD dan DIKMAS.

“Ya, sesuai 8 standar nasional pendidikan (SNP) maka kami memiliki tugas melakukan adaptasi terhadap semua aturan tugas yang baru baik secara internal dan eksternal. Kami juga akan mengevaluasi tugas yang selama ini dikerjakan sehingga kedepannya akan lebih baik. Terutama untuk peningkatan mutu pendidikan di Bengkulu,” ujar Sa’adah.

Lebih lanjut kata Sa’dah, jumlah anggaran yang dimiliki BP PAUD dan DIKMAS Dirjen  Kemendikbud, melalui APBN sebesar Rp 8 milliar lebih. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk semua kegiatan yang ada selama 1 tahun anggaran. Peruntukkannya antara lain biaya operasional, gaji pegawai, honorer sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK), untuk program pembinaan bagi para guru PAUD dan Pendidikan Masyarakat (DIKMAS).

“Jadi kalau dibilang ideal maka anggaran tersebut belum memadai. Makanya kami berencana mulai tahun depan (2019)  akan mengusulan anggaran lagi sesuai dengan ruang lingkup kerja kami. Semisal kegiatan pelatihan dan pembinaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan kegiatan pelatihan lainnya,” paparnya.[BUDI/Adv]

Tidak ada komentar