404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Ingat Kala Itu Rohidin PLT, Jadi Masih Bisa Maju Pilgub

BENGKULU, REALITALOST.COM — Menyikapi beberapa issu hangat di provinsi Bengkulu saat ini tentang polemik putusan Mahkamah Konstitusi nomor2/2023 tentang pendapat beberapa akademisi yang mengatakan bahwa Gubernur Bengkulu saat ini Rohidin Mersyah tidak mencalonkan diri lagi pada Pilkada tahun 2024 mendatang.

Praktisi Hukum Provinsi Bengkulu Advokat Deo Agung Pratama,S.H.,M.H mengatakan pertama kita harus pahami dulu tentang perbedaaan Penjabat Kepala Daerah (PJ) dan Pelaksana Tugas( PLT) Kepala Daerah. Bahwa perlu diketahui terlebih dahulu amar putusan MK nomor 2/2023 pada intinya menolak seluruh permohonan pemohon, selanjutnya jika kita baca keseluruhan putusan tersebut pada pertimbangan majelis hakim MK pada putusan nomor 2/2023 tersebut menjelaskan tentang posisi Penjabat(PJ) kepala daerah tetapi tidak menjelaskan tentang Pelaksana Tugas (PLT) Kepala daerah.

Diketahui Bpk Rohidin Mersyah sejak Juni 2017 mendapat penugasan dari Mentri Dalam Negeri sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, artinya Pak Rohidin ini ditugaskan sebagai Pelaksana tugas dalam keadaan Kepala Daerahnya tetap ada, sedangkan defenisi Penjabat Kepala Daerah ini posisi Kepala daerahnya kosong,

Lanjut Deo PLT ini tidak dilantik langsung oleh Presiden jika Gubernur dan dilantik Gubernur jika Wali Kota/Bupati, sedangkan PJ ini dilantik langsung dan menggunakan Pakaian PDU. Tentu termasuk hak dan kewajibannya PLT dan PJ ini berbeda.

Diketahui Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti diberhentikan melalui Keputusan presiden terhitung sejak tanggal 29 Oktober 2018, artinya sebelum tanggal tersebut Bpk Ridwan Mukti masih menjabat Gubernur Bengkulu. Sedangkan Rohidin Mersyah di berhentikan sebagai wakil gubernur dan diangkat menjadi gubernur tanggal 23 November 2018.

Jadi menurut deo masyarakat perlu diberikan informasi yang lengkap mengenai putusan MK ini jangan sampai masyarakat hanya menerima infromasi hukum secara terpotong.(Damar)

SERAMBI Dilaunching, Gubernur Rohidin Minta Masyarakat Tukar Uang Pecahan Lewat Perbankan Resmi

BENGKULU, REALITAPOST.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu melaksanakan Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI 2024) di halaman parkir Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Senin (18/3).

Hadir pada Kick Off SERAMBI 2024, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta agar masyarakat yang akan melaksanakan penukaran uang menjelang Idul Fitri nanti diharapkan memanfaatkan pelayanan penukaran uang dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu.

“Kita melaksanakan kick off dengan istilah SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan) terkait Ramadhan dan Idul Fitri. Intinya itu menyiapkan uang pecahan wilayah Bengkulu sesuai kebutuhan di samping itu layak edar,” kata Gubernur Rohidin.

“Kemudian masyarakat ketika butuh uang pecahan rupiah jangan menukar di tempat tidak resmi karena ada peluang masih mendapatkan uang palsu. Ketika menggunakan bank pemerintah, bank swasta maupun Bank Indonesia, penukaran uang memperkecil peluang adanya uang palsu,” kata Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Darjana menambahkan, setiap tahun Bank Indonesia selalu memberikan pelayanan kemudahan masyarakat dalam penukaran uang pecahan rupiah saat Ramadhan dan Idul Fitri.

“Setiap tahun kami memastikan penukaran uang rupiah bersama perbankan. Tahun ini layanan penukaran bank dikemas dalam tagline SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan) sebagai bentuk pernyataan Bank Indonesia dalam kesiapan penukaran uang rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup selama periode Ramadhan dan Idul Fitri,” tutupnya.(Adv)

Marliadi : Presidennya Gerindra, Walikota Bengkulu Harus Gerindra

Marliadi Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu yang juga sebagai Ketua DPD Gerindra Kota Bengkulu siap maju Pilwakot.(Foto:Damar/Realitapost.com)

Marliadi Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu yang juga sebagai Ketua DPD Gerindra Kota Bengkulu siap maju Pilwakot.(Foto:Damar/Realitapost.com)

BENGKULU, REALITAPOST.COM — Pesta demokrasi pemilihan Walikota Bengkulu dan Wakil Walikota Bengkulu secara serentak 2024 se Indonesia sudah memulai tahapan. Bahkan kabar terkini sejumlah nama tokoh politik dan sejumlah kalangan baik dari birokrat, legislator hingga kalangan pengusaha sudah mulai memanaskan bursa bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu periode 2024-2029 mendatang.

Ketua DPD Gerindra Kota Bengkulu Marliadi, saat dimintai tanggapan terkait sikap Gerindra menyambut pesta Pilwakot (Pemilihan Walikota) menjelaskan bahwa sejauh ini belum ada petunjuk dari DPP terkait hal tersebut karena masih menunggu hasil perhitungan final perolehan suara Pemilu 14 Februari silam. Bila perhitungan tersebut sudah selesai maka Gerindra akan segera melakukan musyawarah dan dalam waktu segera membentuk tim penjaringan bursa Walikota.

“Dan dari kalangan internal partai Gerindra sudah kita siapkan maju sebagai calon Walikota Bengkulu. Yang jelas ada kejutan habis lebaran nanti dan insyallah Presidennya Ketua umum kita maka Walikota-nya harus dari Gerindra. Sayangkan kalau tidak kita manfaatkan momentum ini,” tegas Marliadi yang kini menjabat Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu.

Sementara itu, terkait konsolidasi tingkat partai terkait peluang koalisi dengan partai lainnya. Marliadi mengaku sudah terus dilakukan secara inten dan terukur dan dipastkan ada poros tersendiri dalam penentuan Balon Walikota dan Wakil Walikota. Prinsipnya Gerindra akan selalu terbuka berkoalisi dengan partai mana pun sepanjang sejalan dengan tujuan dan visi misi bersama.

Lalu disinggung soal putusan MK terhadap Pasal 7 ayat (2) huruf s Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang (UU Pilkada). Bahwa Anggota DPRD aktif dan terpilih tidak mesti mengundurkan diri disambut baik.

“Saya sangat mengapresiasi dan ini menunjukkan bahwa demokrasi sudah kembali hidup bahwa masyarakat diberikan kebebasan mencalonkan diri dan berperan serta berpartisipasi dalam pesta demokrasi serentak ini,” ujarnya.(Damar)

 

Arif Gunadi Dan Dedy Wahyudi Panaskan Bursa Pencalonan Pilwakot

BENGKULU, REALITAPOST. COM — Jika tidak ada aral melintang dalam waktu dekat ini Arif Gunadi yang kini menjabat Pj Walikota dan Dedy Wahyudi mantan Wakil Walikota Bengkulu akan mengambil formulir pendaftaran di Tim 5 PAN dalam bursa penjaringan bakal Calon Walikota Bengkulu.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPD PAN Kota Bengkulu, Tengku Zulkarnain, disela-sela kegiatan menghadiri Paripurna HUT Kota Bengkulu Ke 305 yang digelar di Gedung DPRD Kota Bengkulu, Minggu siang (17/3/2024).

Dalam keterangannya, Tengku Zulkarnain berpesan kepada Tim Lima DPD PAN Kota Bengkulu bahwa harus melaksankaan tugas-tugas penjaringan bakal calon Walikota Bengkulu secara objektif dan netral. Jadi jika dari pribadi-pribadi anggota Tim Lima sudah memiliki calon maka tidak diperkenankan subjektif atau berpihak dalam mekanisma penjaringan yang sudah dibuka terbuka.

“Karena PAN Kota mencoba terbuka kepada siapa saja yang ingin mendaftarkan diri dengan mengambil formulir di Sekretariat PAN di Kelurahan Tebeng. Dan sejauh ini sudah ada yang mengambil Formulir yakni Elvi Hamidi, ada Jemi Effendi, dan dalam waktu dekat ini ada Pj Walikota Arif Gunadi dan Dedy Wahyudi yang akan mengambil formulir,” kata Ketua DPD PAN Kota, Tengku Zulkarnai.

Dia juga menegaskan bahwa siapa saja baik kader PAN atau bukan kader PAN, yang tidak mendaftar dan merasa-rasa sehingga tidak mendaftarkan diri dan tidak mengambil formulir pendaftaran maka dipastikan tidak akan masuk dalam bursa PAN.

“Jadi jangan rasa-rasa, walaupun dia kader PAN dan tidak ikut prosedur dengan tidak mengambil formulir dan tidak mendaftar. Maka kita anggap tidak ada dalam bursa pencalonan,” tegasnya.(Damar)

Suara Terbanyak, Herimanto Dipastikan Ketua DPRD Kota Bengkulu

BENGKULU, REALITAPOST.COM — Berdasarkan hasil peritungan sementara perolehan suara terbanyak Caleg DPRD Kota Bengkulu yang akan mengisi kursi Ketua DPRD Kota Bengkulu berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN) Periode 2024-2029.

Lantas siapkah sosok yang akan menduduki kursi Ketua DPRD Kota tersebut?. Ketua DPD PAN Kota Bengkulu yakni Tengku Zulkarnain, saat diwawancara disela-sela kegiatan Paripurna HUT Kota Bengkulu ke 305 di Gedung DPRD Kota Bengkulu, menegaskan bahwa seusai dengah komitmen dan mekanisme internal partai bahwa Caleg yang memperoleh suara terbanyak yang berhak menduduki jabatan tersebut.

“Hari ini di DPRD Kota Bengkulu. Siapa suara terbanyaknya? Herimanto karena meraih suara terbanyak. Begitu juga di DPRD Provinsi Bengkulu dan Kabupaten-Kabupaten lainnya yang PAN menang, maka yang berhak adalah peraih suara terbanyak,” ujar Tengku, Minggu (17/3/2024).

Seperti diketahui bersama bahwa bila dirunutkan perolehan suara terbanyak Caleg PAN di DPRD Kota Bengkulu, yakni, Herimanto 4.067 suara, disusul Dediyanto 3.193 suara, Kusmito 2.422 suara, Indra Sukma 2.332 suara. Diinternal PAN juga memiliki wajah baru, yakni Parizan Hermedi 2.088 suara, Fachrulsyah 2.008 suara dan Syamsu Ihwan 2.597 suara.(Damar)

Fikri Thobari Insyallah Siap Maju Lagi Pilbup Rejang Lebong

REJANG LEBONG, REALITAPOST.COM — Mantan Calon Bupati Rejang Lebong tahun 2020 yakni Fikri Thobari yang kala itu berpasangan dengan Samuji diprediksi kembali akan memanaskan bursa Pilbup Rejang Lebong periode 2024-2029 mendatang. Hal itu bukan rahasia umum lagi, pasalnya sosok Fikri Thobari ini merupakan calon Bupati Rejang Lebong yang berhasil meraih suara teranyak kedua yakni 37.556 suara (26 persen) pada Pilkada 2020 silam.

Dengan rekam jejak tersebut maka terungkap masih banyak masyarakat Rejang Lebong yang menginginkan sosok Ketua DPD PAN Rejang Lebong ini untuk maju kembali dalam bursa Pilkada Rejang Lebong yang saat ini tahapannya mulai berlangsung. Saat dikonfirmasi media ini, Presiden Direktur PT. Bukit Juvi Group yang dijabatnya kini mengaku masih menunggu mekanisme yang ada di internal partai PAN tingkat Provinsi dan Pusat.

“Insya Allah, semoga selalu diberi kesehatan. Sekarang selaku kader, kita lagi menunggu mekanisme partai, dan kalau sudah ada intruksi dan hasil survei internal masyarakat Rejang Lebong memang manghendaki maju Insya Allah siap,” ujarnya, Jumat siang (15/3/2024).

Sebelumnya juga sudah beredar isu bahwa terkait wacana pasangan Fikri Thobari dalam mengarungi Pilbup serentak pada Rabu 27 November 2024 mendatang, yakni Wahono yang merupakan kader Golkar dan kini masih menjabat sebagai Anggota DPRD Rejang Lebong.

“Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang masih mempercayai saya untuk mencalonkan diri pada Pilkada 2024, tapi sekarang kami masih fokus pada pileg dan sebagai kader partai, akan patuh kepada perintah partai,” ungkap Fikri Thobari diplomatis.(Damar)

 

 

DPD PAN Rejang Lebong Buka Seleksi Cabup dan Cawabup

Ketua Tim 5 DPD PAN Rejang Lebong Juliansyah yayan memberikan keterangan pers di Sekretariat terkati seleksi Cabup dan Cawbup RL.(Foto:Damar/Realitapost.com)

Ketua Tim 5 DPD PAN Rejang Lebong Juliansyah yayan memberikan keterangan pers di Sekretariat terkati seleksi Cabup dan Cawbup RL.(Foto:Damar/Realitapost.com)

REJANG LEBONG, REALITAPOST.COM — Pasca pesta Demokrasi Pemilu serentak 14 Februari silam. Kini tahapan Pilkada serentak akan digelar disetiap daerah di Indonesia. Tak terkecuali di wilayah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa salah satu satu Parpon yakni PAN Rejang Lebong secara terbuka telah membuka seleksi Calon Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong periode 2024-2029 mendatang. Hal itu terungkap dalam sesi konfrensi pers yang digelar pengurus DPD PAN Rejang Lebong baru-baru ini.

Dalam keterangannya, DPD PAN Rejang Lebong resmi membentuk Tim 5 seleksi Cabup dan Cawabup di Ketuai Juliansya Yayan, Sekretaris Daditama dengan 3 anggota yakni Ari Kusuma, Irwanto dan Muhammad Rafiq Gali. Tujuan dari tim tersebut tidak lain membuka seluas-luasnya pendaftaran Cabup dan Cawabup Rejang Lebong baik kader PAN maupun diluar PAN.

Sementara itu, berdasarkan tahapan Pilkada serentak ini antara lain :

1. Pendaftaran dan Pengambilan Formulir pendaftaran dimulaia tanggal 15 maret hingga 15 April 2024
2. Penerimaan Berkas bakal Calon tanggal 16 Maret hingga 20 April 2024
3. Penelitian berkas bakal calon tanggal 20 Maret hingga 25 April 2024
4. Perbaikan berkas bakal calon 25 April hingga 30 April 2024
5. Fit And Proper Test (Pendalaman Visi Misi) tanggal 2 Mei hingga 20 meti 2024
6. Penyampaian nama Bakal Calon/Pasangan untuk mendapatkan rekomendasi partai kepada DPD, DPW, DPP dilaksakan tanggal 1 Juni hingga 20 Agustus 2024.

Repoter :Beni

 

Sujono Apresiasi Hasil Pemilu Serentak Berjalan Damai Dan Lancar

BENGKULU, REALITAPOST.COM — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya para penyelenggara Pemilu serentak 14 Februari 2024 silam yang berjalan sukses dan lancar di Provinsi Bengkulu yang terdiri dari 10 Kabupaten/Kota.

Hal itu membuktikan bahwa pesta demokrasi Pilpres dan Pileg serentak wujud dari sistem dmokrasi yang dicita-citakan tanpa ada konflik ditengah banyak perbedaan dan pandangan dalam pilihan mampu menyatu dalam bingkai saling menghargai perbedaan.

“Tentu kita sangat bersyukur atas kelancaraan pelaksanaan Pemilu serentak tersebut. Ini membuktikan bahwa masyarakat Bengkulu siap dalam perbedaan dan siap dalam hasil yang dicapai dalam sistem Pemilu tersebut,” ujarnya.(ADV)

 

Sudirman Apresiasi Hasil Pemilu Serentak Berjalan Damai Dan Lancar

BENGKULU, REALITAPOST.COM — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya para penyelenggara Pemilu serentak 14 Februari 2024 silam yang berjalan sukses dan lancar di Provinsi Bengkulu yang terdiri dari 10 Kabupaten/Kota.

Hal itu membuktikan bahwa pesta demokrasi Pilpres dan Pileg serentak wujud dari sistem dmokrasi yang dicita-citakan tanpa ada konflik ditengah banyak perbedaan dan pandangan dalam pilihan mampu menyatu dalam bingkai saling menghargai perbedaan.

“Tentu kita sangat bersyukur atas kelancaraan pelaksanaan Pemilu serentak tersebut. Ini membuktikan bahwa masyarakat Bengkulu siap dalam perbedaan dan siap dalam hasil yang dicapai dalam sistem Pemilu tersebut,” ujarnya.(ADV)

 

Sarjoni Hanapi Apresiasi Hasil Pemilu Serentak Berjalan Damai Dan Lancar

BENGKULU, REALITAPOST.COM — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya para penyelenggara Pemilu serentak 14 Februari 2024 silam yang berjalan sukses dan lancar di Provinsi Bengkulu yang terdiri dari 10 Kabupaten/Kota.

Hal itu membuktikan bahwa pesta demokrasi Pilpres dan Pileg serentak wujud dari sistem dmokrasi yang dicita-citakan tanpa ada konflik ditengah banyak perbedaan dan pandangan dalam pilihan mampu menyatu dalam bingkai saling menghargai perbedaan.

“Tentu kita sangat bersyukur atas kelancaraan pelaksanaan Pemilu serentak tersebut. Ini membuktikan bahwa masyarakat Bengkulu siap dalam perbedaan dan siap dalam hasil yang dicapai dalam sistem Pemilu tersebut,” ujarnya.(ADV)