Breaking News

Yulyanto: Golput Bukan Solusi

PESISIRBARAT, KRUI - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pesisir Barat, Krui, Lampung, mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilih pada Pemilu serentak tanggal 17 April 2019 mendatang.

Kepada wartawan Realitapost.com, Ketua KPUD Pesisir Barat, Yurlisman, melalui Komisioner Divisi Hukum, Yulyanto, Rabu pagi, 06 Febuari 2019, diruang kerjanya, menjelaskan bahwa istilah Golput alias tidak memilih pada saatnya bukan sebuah solusi. Karenanya mau tidak mau, masyarakat harus menggunakan hak pilihnya dengan bijak, baik pemilihan Anggota DPRD Kabupaten, Provinsi, DPD RI, DPR RI dan Presiden.

"Karena secara tidak langsung masyarakat itulah nanti yang akan merasakan dampaknya. Celakanya lagi akan ada rasa penyesalan mendalam bagi pemilih lantaran tidak menggunakan hak pilihnya dengan baik," ungkapnya.

Untuk menekan angka Golput, dirinya bersama semua lapisan dijajaran KPUD secara maksimal melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar pada saat waktu pemilihan dapat menggunakan hak pilihnya. Khusus bagi pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) bila pada hari H berada diluar wilayah Kabupaten Pesisir Barat tetap bisa menggunakan hak pilih di wilayah tersebut dengan melapor ke penyelenggara setempat yang nantinya dimasukkan ke dalam formulir A5.

"Bagi warga pendatang yang terdaftar dalam DPT bisa menggunakan hak pilihnya di wilayah kita dengan catatan segera melaporkan diri ke PPK atau KPU  sebelum 30 hari pada saat hari H atau tanggal 17 April mendatang. Karena bila lewat dari masa waktu yang ditetapkan maka kami tidak bisa lagi mengeluarkan Formulir A5 dan itu sudah aturannya," paparnya.

Sebagai informasi, saat ini jumlah pemilih di Pesisir Barat yang masuk dalam DPT berjumlah 112.343 pemilih. Adapun jumlah penduduk Pesibar sebanyak 155.964 berdasarkan data Dukcapil tahun 2017. Untuk jumlah TPS sebanyak 484,  dengan jumlah desa 116 dan kelurahan 2.
"Jadi nanti pada saat pemilihan tiap TPS ditempat 2 orang Linmas dan dibantu personil aparat TNI/Polri," tutupnya.(Red)


Tidak ada komentar