Breaking News

Masyarakat Pesibar Apresiasi POSBAKUMADIN Terakreditasi Bagi Warga Miskin

Pesibar, Realitapos.com - Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan maupun diluar pengadilan oleh POSBAKUMADIN yg terakreditasi dikementrian Hukum dan Ham dengan SK no M.HH÷01.HN.07.02 tahun 2018  periode 2019÷2021
Pada dasarnya, setiap orang yang tersangkut perkara berhak memperoleh bantuan hukum sesuai dg UU no 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum.

Negara menanggung biaya perkara bagi pencari keadilan yang tidak mampu.Pihak yang tidak mampu harus melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan tempat domisili yang bersangkutan.
Pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di Pengadilan maupun diluar pengadilan meliputi konsultasi, pendampingan di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara
POSBAKUMADIN memberikan pendampingan hukum kepada pencari keadilan yang tidak mampu dalam memperoleh bantuan hukum.

Penyelenggara pemberian layanan hukum
Posbakumadin melayani  dan memberikan pendampingan layanan hukum berupa informasi, konsultasi, dan advis hukum, serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yg sesuai dg UU no 18 2003 tentang Advokat dan standar pelayanan sesuai dg UU no 16 th 2011 tentang bantuan hukum.

Menurut Yazmi Dona SH,  mudah mudahan masyarakat Pesibar khususnya akan terbantukan dengan adanya Posbakumadin yang selama ini setiap masyarakat yang tersandung masalah hukum pidana dan perdata mendapat bantuan hukum, pendampingan akan dilakukan diluar pengadilan maupun didalam pengadilan.

Terpisah salah satu masyarakat Pesibar Indra Gunawan, mengatakan bahwa semenjak terbentuk nya posbakumadin kami masyarakat kecil merasa bersyukur karena selama ini apabila kami masyarakat tersangkut permasalahan hukum selalu tanpa ada pendampingan dari pengacara, oleh sebab itu kami masyarakat merasa sangat terbantukan, dalam hal keterbatasan masyarakat tentang pengetahuan hukum. Semoga saja masyarakat sudah akan melek apabila ada permasalahan hukum yang menimpa.(Ruskan)

Tidak ada komentar