Breaking News

BUMN Akan Salurkan Bantuan CSR Korban Banjir

RealitaPost.com, Bengkulu-Sejak diturunkannya status tanggap darurat bencana menjadi masa transisi/pemulihan pasca bencana banjir dan longsor di Bengkulu pada Jum’at lalu, rehabilitasi dan rekonstruksi atas kerusakan yang terjadi sejak beberapa hari lalu mulai dilaksanakan. Salah satunya yang akan dilakukan pihak Konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Bumi Rafflesia.

Dikatakan Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, dari hasil pertemuan dan diskusi bersama pihak BUMN ini, dalam waktu dekat akan menyalurkan CSR-nya kepada masyarakat yang terdampak bencana. Untuk itu, Pemprov Bengkulu melalui BPBD Provinsi Bengkulu diminta menyiapkan apa yang dibutuhkan. 

Beberapa diataranya seperti terkait infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi. Kemudian terkait masalah perbaikan dan rehabilitasi tambak yang rusak, tanaman perkebunan dan persawahan yang rusak, lanjut Sekda Nopian Andusti BUMN Bengkulu siap memberikan bantuan dalam bentuk bibit dan sebagainya. 

“Ini adalah bentuk kepedulian BUMN terhadap hal-hal yang berkaitan dengan musibah banjir dan longsor yang terjadi. Jadi segenap BUMN khususnya yang ada di Provinsi Bengkulu ini segera memberikan kepeduliannya terhadap kita yang terkena bencana,” ungkap Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti usai terima Audiensi Konsorsium (gabungan) BUMN di Bengkulu, di Ruang Kerjanya, (06/05).

Bantuan yang akan disalurkan jelas Nopian Andusti, khusus untuk jembatan dan jalan yang tidak didanai atau intervensi APBD maupun APBN, jadi betul-betul mandiri dari dana CSR, sehingga jangan sampai nanti tumpang tindih.

“Tadi kita sudah berdiskusi dan Alhamdulillah teman-teman dari BUMN antusias membantu kita dan tentunya ada prioritas yang harus ditangani, termasuk permukiman,” imbuhnya. 

Terkhusus permukiman, direncanakan akan ditampilkan nuansa perkampungan baru dengan konsep kampung wisata baru. Dimana ada perkampungan yang rumah penduduknya semula rusak, kotor akibat lumpur akan dibersihkan, dicat warna-warni, sehingga nanti akan muncul suasana baru.
 
“Di gapuranya nanti kita akan buat Selamat Datang di Kampung Wisata BUMN Hadir Untuk Negeri Desa A. Didalamnya akan ada pemandangan yang menarik, tampil beda, yang sebelumnya kotor menjadi tampilannya indah, bersih dan berwarna-warni, menjadi suatu nuansa desa pelangi,” pungkas Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti.

Dijelaskan GM Pelindo II Cabang Bengkulu Nurkholis Lukman, BUMN Peduli Untuk Negeri di Bengkulu ini sebagai tindak lanjut atas kehadiran Menteri BUMN RI Rini Soemarno pada beberapa waktu lalu mengunjungi dan memberikan bantuan kepada korban bencana. 

“Bahwa kami dari BUMN pada prinsipnya siap membantu, dengan tahap awal kami akan melakukan verifikasi dokumen proposal dan akan kami lanjutkan ke Kementerian, mudah-mudahan segera dijawab, karena ini menjadi dasar kami dari pihak BUMN di Bengkulu melakukan realisasi dari bantuan itu,” jelas Nurkholis Lukman yang juga merupakan Koordinator BUMN Peduli Untuk Negeri di Bengkulu.

Oleh karena itu, lanjut Nurkholis Lukman diharapkan pihak Pemprov Bengkulu segera menyusun usulan kebutuhan maupun lokasi yang menjadi sasaran pihaknya nanti, dimulai dengan dokumen pengantar dari Gubernur Bengkulu atau dari Sekda Provinsi Bengkulu.(gol)

Tidak ada komentar