Breaking News

Tim Dinkes Provinsi Tinjau Warga Korban Banjir Kepahiang

RealitaPost.com, Bengkulu - Bencana banjir yang terjadi dibeberapa titik di wilayah Provinsi Bengkulu membuat Jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu yang dipimpin Kepala Dinas Herwan Antoni, turun memberikan pelayanan kesehatan bagi warga korban banjir di Poskesdes Air Hitam dan Puskesmas Pembantu Tanjung Alam, Kabupaten Kepahiang, Jumat (05 Mei 2019).

Berdasarkan Informasi yang dilaporkan posko krisis center Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu bahwa wilayah tersebut sangat parah terdampak bencana banjir. Dalam kunjungannya tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu didampingi langsung oleh pejabat Struktural dan staf lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

“Saya sangat berharap kepada seluruh masyarakat yang terkena banjir agar selalu waspada terhadap penyakit yang datang setelah pasca banjir,Dan Biasanya penyakit yang datang seusai pasca banjir ini antara lain,penyakit kulit,diare, isfa, malaria, dan juga demam berdarah dan sebagainya”ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat apabila terkena penyakit, agar segera cepat mengunjungi posko posko kesehatan yang ada di beberapa titik di Kabupaten Kepahiang ini dan juga petugas kesehatan terdekat."Jangan ditunda-tunda lagi. Kami jug aminta petugas kesehatan untuk proaktif jemput bola bagi korban yang terserang penyakit akibat dampak banjir khususnya anak balita dan ibu-ibu serta lansia," terangnya.
Ia juga memberikan tips kepada warga yang terkena dampak bajir untuk melakukan beberapa hal ini diantaranya, ketika banjir surut, bersihkan lumpur dan sampah bersama anggota keluarga dan tetangga di lingkungan tempat anda tinggal. Biasanya pasca banjir hal yang perlu diwaspadai adalah Demam Berdarah (DBD) akibat nyamuk dan penyakit lain yang disebabkan oleh kotoran tikus. Ingat, jangan gunakan air genangan banjir untuk membersihkan perabotan rumah anda, karena rawan terkontaminasi zat-zat yang berbahaya.

"Segera bersihkan barang-barang berharga anda dari lumpur, karena dikhawatirkan akan berjamur dan lapuk karena terendam air. Antisipasi selalu datangnya banjir dengan membersihkan saluran air, buang sampah pada tempatnya dan lakukan pencegahan-pencegahan lainnya,"imbaunya.(ADv)

Tidak ada komentar