Breaking News

Puskesmas Lemong Diresmikan Agus Istiqlal

RealitaPost.com, Pesisir Barat - Bupati Pesisir Barat DR.Drs.H. Agus Istiqlal, SH.,MH menghadiri sekaligus meresmikan Upt. Puskesmas Lemong Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat Rabu 26 Juni 2019.
 
Peresmian UPT Puskesmas Lemong dihadiri oleh: wakil bupati Pesisir Barat Erlina, Sp.,MH, Wakil Ketua II DPRD Pesisir Barat Drs AE Wardana Kusuma dan Anggota DPRD Martin Sopian, Unsur Forkopinda, Pejabat tinggi pratama, administrator, Camat Lemong,Kepala UPT.Puskesmas se Kabupaten Pesisir Barat, Direktur RSUD KH. muhammad tohir, Kepala BPJS Krui cabang Kota Bumi, Peratin Se - Kecamatan Lemong dan Masyarakat Penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Diawali dengan laporan dari Plt.Kepala Dinas Kesehatan Tedi Zadmiko, SKM., MM yang dalam laporannya menyampaikan bahwa Puskesmas Lemong merupakan salah satu Puskesmas rawat inap dengan keriteria terpencil. Secara geografis Puskesmas Lemong tidak termasuk kriteria terpencil, akan tetapi kriteria lainnya yaitu sebagian besar wilayah kerjanya meliputi pedukuhan-pedukuhan yang sulit dijangkau dan rawan akan bencana alam.
Dalam kesempatan ini akan dibagikan kartu KIS PBI Daerah Kabupaten Pesisir Barat Tahun Anggaran 2019 yang berjumlah 21.676 Kartu yang dibayarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat. Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, penduduk Pesisir Barat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN KIS per 31 Mei 2019 berjumlah 152.578 jiwa (95,63 %) dari keseluruhan total penduduk Pesisir Barat 159.544 jiwa. Dicapainya cakupan 95 persen penduduknya tercover JKN KIS maka Kabupaten Pesisir Barat merupakan salah satu Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang mencapai target paling tinggi untuk tercapainya Universal Health Coverage (UHC).

Beliau juga mengimbau kepada seluruh peratin yang ada di pesisir barat untuk dapat memprioritaskan dana desa untuk membiyayai pelaksanaan program kegiatan berskala lokal desa bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa termasuk bidang kesehatan. Dana desa untuk kesehatan ditargetkan sebesar 10% per tahun, namun di kabupaten pesisir barat masih sangat rendah yaitu 1,99%.

Selanjutnya Bupati Pesisir Barat DR.Drs.H.Agus Istiqlal, SH.MH dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) adalah suatu organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat di samping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok dan merupakan unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerja setempat.
Pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas merupakan pelayanan yang menyeluruh yang meliputi pelayanan kuratif (pengobatan), preventif (pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan). pelayanan tersebut ditujukan kepada semua penduduk dengan tidak membedakan jenis kelamin dan golongan umur.

Bupati juga menjelaskan kepada semua pihak bahwa Puskesmas juga mempunyai peran yang sangat vital sebagai institusi pelaksana teknis, dituntut memiliki kemampuan manajerial dan wawasan jauh ke depan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
dengan telah dibangunnya gedung upt puskesmas krui ini diharapkan mampu melayani masyarakat diwilayah kerjanya dengan baik untuk bisa menganyomi, membimbing dan mengarahkan masyarakat mengenai betapa pentingnya memelihara kesehatan sejak dini sebab suatu penyakit dianjurkan lebih baik mencegah dari pada mengobati.

selanjutnya Bupati juga menghimbau kepada seluruh petugas, baik dari tenaga administrasi sampai ke tenaga medis yang berada di kabupaten pesisir barat untuk berkelakuan baik, sopan, ramah dalam bertutur kata, fungsikan diri sebagai pelayan bukan sebagai raja.(Adv)

Tidak ada komentar