Breaking News

Maaf..! Puskesmas Ketahun Stop Layani Pasien Rawat Inap

RealitaPost.com, BU - Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Ketahun saat ini sudah tidak melayani pasien rawat inap lagi. Hal ini menurut Sinarillah selaku kepala Puskesmas Ketahun karena jarak Puskesmas dan Rumah Sakit Lagita yang sangat dekat sehingga lebih mengoptimalkan fungsi Rumah Sakit. 

Sedangkan fungsi Puskesmas yang saat ini menjadi non rawat inap lebih banyak mengutamakan pada kegiatan lapangan seperti Penyuluhan, Promosi, promotif, perepentif penularan dan pencegahan penyakit.

"Sekarang semenjak sudah berdirinya RS Lagita, terhitung sejak tanggal 1 Maret 2019 kami sudah tidak melayani rawat inap lagi. Jadi kalau ada masyarakat yang akan dilayani sifatnya hanya rawat jalan. Kami membuka pelayanan mulai jam 07.30 pagi hingga 14.00 siang, kecuali untuk hari besar misalnya natal dan hari besar lainnya kami buka 24 jam. Selain itu hanya melayani pasien rawat jalan saja." Ujar Sinarillah. 

Pihak Puskesmas sendiri mengaku sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait berubah fungsinya Puskesmas menjadi non inap. Sosialisasi tersebut biasanya disampaikan pada saat posyandu dan acara lapangan lainnya. Namun, Puskesmas sendiri tidak menampik bahwa tidak sedikit masyarakat yang masih belum mengetahui hal ini.

Meski sudah tidak melayani pasien rawat inap, pihak Puskesmas menegaskan masih melayani pasien BPJS khusus untuk rawat jalan. 

Diakhir statementnya Sinarillah berharap agar masyarakat lebih melek soal kesehatan dan aktif pada kegiatan seperti posyandu dll sehingga dapat mendeteksi penyakit dan dapat mengontrol tanpa harus bolak balik Rumah Sakit lagi.

"Kami berharap derajat kesehatan masyarakat meningkat. Sehingga bukan kunjungan sakit yang diutamakan lagi tapi juga kunjungan sehat," tutupnya.(Novi)

Tidak ada komentar