Breaking News

Penyelenggara Sepakat Antisipasi Kampanye Hitam Dan Politik Uang

RealitaPost.com, Bengkulu - Kemenkopolhukam menyelenggarakan acara Coffe Morning dalam rangka menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020 di Hotel Santika (17/12). Acara ini bertujuan untuk mendeteksi masalah terkait pemilihan sedini mungkin dalam menyambut Pilkada. 

Acara yang dihadiri oleh seluruh Ketua KPU Kabupaten Provinsi Bengkulu ini banyak membahas tentang kendala yang terjadi maupun persiapan yang sudah dijalankan dilapangan. 

Salah satunya yang disampaikan Ketua KPU Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin bahwa secara teknis daerah ini sudah sangat siap sekali dan sudah menyusun pedoman teknis terkait penjabaran dari PKPU tahapan dari 2019. Hanya saja kendala yang sedang dihadapi saat ini adalah pada tahap penguatan anggaran yang pada RAPBD 2020 kemaren dipangkas oleh DPR.

“Kita masih menunggu bagaimana dukungan anggaran untuk pemilu ini di DPA 2020. Semoga saja dukungan anggaran ini tidak mempengaruhi tatanan yang sudah kita persiapkan” ujar Irsyad.

Selain itu juga dibahas bagaimana persiapan BAWASLU bersama KPU menyambut PILKADA 2020. Dalam upaya mengantisipasi Black campain dan money politik serta hal-hal yang tidak diinginkan lainnya, BAWASLU dan KPU bekerjasama untuk melakukan sosialisasi secara terus menerus agar timbul pemahaman bahwa dalam proses PILKADA ini harus menjaga proses dan integritasnya. 

Pemetaan masalah yang sedang di antisipasi selain dari Black Campain dan Money Politik juga terkait kemungkinan adanya mobilisasi ASN karena diperkirakandalam proses PILKADA akan ada incumben yang akan kembali maju meskipun belum ada kepastian data. Untuk di lembaga BAWASLU sendiri sedang membentuk aparat ditingkat kecamatan untuk membantu kinerja BAWASLU didaerah-daerah.

"Kita sedang membentuk aparat ditingkat Kecamatan.  Proses seleksi PANWASCAM yang insyaallah akan kita umumkan besok dan akan dilantik 22-23 sekaligus bimbingan teknisnya” Ujar Parsadan Harahap selaku ketua BAWASLU Bengkulu.(NL)

Tidak ada komentar