Breaking News

Pjs TP PKK Pesibar Motivasi Kerajinan Keong

Realitapost.com, Pesisir Barat - Pjs. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Barat, Linda Chrisna memimpin langsung Pelatihan Keterampilan Kerajinan Keong di Gedung PKK Kabupaten Pesisir Barat. Kamis, 15 Oktober 2020 .

Diinformasikan turut serta dalam acara tersebut, Ketua dan Anggota TP-PKK Pesisir Barat, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pesisir Barat, Farida Miladiya Lingga serta anggota.

Linda Chrisna menjelaskan kerajinan tangan, Kerang/Keong laut merupakan salah satu kerajinan tangan yang dapat dibuat berupa souvenir berbahan baku kerang. Pemilihan kerang laut sebagai bahan usaha kami didasarkan dengan minimnya pemanfaatan kerang laut untuk kebutuhan sehari-hari, bahan baku kerang laut juga cukup banyak tersebar di wilayah pantai, sehingga kami memiliki ide untuk mengembangkan kerajinan kerang laut tersebut.

Kabupaten Pesisir Barat merupakan salah satu Kabupaten yang menjadi tujuan wisata bagi masyarakat, baik masyarakat diwilayah Pesisir Barat maupun masyarakat dari wilayah lain yang berada diluar di Pesisir Barat bahkan hingga turis mancanegara.

Hal ini menjadi suatu peluang bagi masyarakat sekitar dalam hal meningkatkan pendapatan melalui pembuata kerajianan tangan untuk dijual ke wisatawan yang datang berkunjuang ke Kabupaten Pesisir Barat.

Tujuan Pelatihan keterampilan keong Ini sendiri adalah

•Meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat souvenir berbahan dasar kerang / keong laut. 

•Terciptanya kerajinan tangan (Souvenir) berbahan dasar kerang laut.

Hasil pendampingan didapatkan Keterampilan masyarakat dalam pembuatan kerajianan tangan dari kerang masih relatif rendah untuk itu perlu ditingkatkan lagi melalui pelatihan-pelatihan baik dengan cara mendatangkan pelatih atau dengan cara mengirim mereka ke wilayah yang mempunyai kerajianan tangan dari kerang. Produk kerajian yang dapat dihasilkan antara lain bunga, gantungan kunci dan hiasan rumah lainnya yang dapat dijadikan sebagai souvenir bagi wisatawan yang datang.(ADV/Ruskan)


Tidak ada komentar