Breaking News

Lapas Bentiring Kelas II A Perketat Pengawasan Barang Titipan


Realitapost.com, Bengkulu -
Untuk pengamanan selama bulan suci Ramadhan 1442 H dan seterusnya. Pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkulu terus memperketat pengawasan di dalam Lapas.

Salah satunya dengan peningkatan pengawasan barang titipan keluarga warga binaan.

Ade Kusmanto, MH Kepala Lapas ditemui wartawan diruang kerjanya, Rabu pagi (14/4/2021) mengatakan peningkatan pengawasan ini sebagai langkah pencegahan sekaligus kewaspadaan akan masuknya barang-barang yang terlarang di dalam Lapas.

"Setiap barang titipan yang masuk diperiksa satu persatu oleh petugas keamanan semaksimal mungkin. Selain itu kita juga menambah petugas staf untuk ikut membantu pengawas arus masuk barang titipan," ujarnya.


Ia juga menambahkan, selama bulan ramadhan, pihak Lapas juga sudah menyelenggarakan safari ramadhan yang diisi dengan pengajian, salat taraweh berjemaah dan ceramah agama di Masjid Lapas. Untuk kegiatan ceramah diberikan kesempatan kepada warga binaan yang memiliki ilmu agama untuk mengisi materi keagamaan kepada warga binaan.

Yang tak kalah penting ditengah wabah covid19. Pihak Lapas tetap menerapkan protokol kesehatan terhadap warga binaan yang melaksanakan ibadah salat taraweh berjemaah. 

Saat ini jumlah warga binaan Lapas ada 694 orang dengan berbagai jenis kasus yang diperbuat. Kebanyakan warga binaan berasal dari kasus narkoba sebanyak 60 persen. Dari jumlah itu ada sekitar 120 orang warga binaan yang menjalani rehabilitasi melalui Program kerjasama dengan BNN dan yayasan penggiat anti narkoba.


Repoter : Damar

Tidak ada komentar