Breaking News

Unib Segera Gelar Pemilihan Rektor Periode 2021-2025

Realitapost.com, Bengkulu - Universitas Bengkulu (UNIB) tidak lama lagi segera menggelar pesta demokrasi yakni memilih Rektor baru periode 2021-2025 yang bisa diikuti semua dosen perguruan tinggi se Indonesia.

PPID Pelaksana Sigit Sujatmiko melalui Dr. Wakil Ketua PPID Pelaksana II Yar Johan kepada wartawan, Senin siang (26/4/2021) saat dikonfirmasi membenarkan adanya rencana pemilihan rektor (Pilrek) Universitas Bengkulu akan segera digelar tahun ini.

Dr. Yar Johan Wakil PPID UNIB

Menurutnya berdasarkan informasi dari Ketua Senat bahwa surat pemberitahuan pelaksanaan Pemilihan Rektor UNIB dari DIKTI sudah diterima sehingga kini Ketua Senat bersama jajarannya sedang mempersiapan hal apa saja yang perlu dipersiapkan.

"Informasinya demikian, makanya kini kami menunggu informasi lebih lajut dari Ketua Senat dan sejauh mana perkembangannya silakan konfirmasi kepada Ketua Senat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Senat, Nusril saat dikonfirmasi via seluler WA menjelaskan pihaknya baru saja selesai membahas tata tertib (Tatib) setiap pasal dan belum seluruhnya rampung. Insyallah semua pasal akan tuntas dan diketok dalam rapat senat minggu depan.

Terkait tahapan, dia mengaku sesuai dengan aturan bahwa sebelum melangkah pada tahapan Pemilihan Rektor, terlebih dahulu dilakukan Pemilihan Anggota dan Ketua Senat yang baru. Karena berdasarkan SK masa bakti Ketua Senat dan Anggota yang saat ini tinggal hitungan bulan lagi. Setelah Anggota dan Ketua Senat baru dilantik maka membentuk kepanitiaan yang berjumlah 8 orang terdiri dari beberapa anggota Senat dan 4 orang Sekretariat Rektorat.

"Jadi setelah panitia terbentuk maka panitia menyusun jadwal tahapan mulai dari pengumuman pendaftaran, penjaringan dan sebagainya. Setiap calon Rektor yang ditetapkan dalam rapat senat nanti akan dipilih oleh anggota senat yang berjumlah lebih kurang 40an suara," terangnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun tim redaksi telah mengemuka beberapa nama yang bakal siap mencalonkan diri sebagai Rektor Unib ke 7 masa bakti 2021-2025. Diantaranya yakni Lizar Alfansi, Fachrurozi, Retno, Aminudin, dan calon dari Perguruan tinggi diluar UNIB. Sebab, semua dosen yang memenuhi syarat dari perguran tinggi negeri dibawah naungan Kemendikbud bisa ikut mencalonkan diri sebagai calon Rektor UNIB.(Damar)

Tidak ada komentar