Breaking News

Diskominfotik Provinsi Bengkulu Dan BSSN Gelar CSIRT

Realiapost.com, Bengkulu - Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Pemprov.Bengkulu yang dilaksanakan Rabu (19/5) pukul 08.00 Wib di Hotel Mercure Kota Bengkulu.

Kegiatan yang dilakukan secara virtual confrence dan online ke seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu dibuka Direktur penanggulangan dan pemulihan pemerintah BSSN. Hasto Prastowo, S.KOM dan diikuti oleh konstituen BengkuluProv-CSIRT sebanyak 50 peserta bersama tim CSIRT Provinsi Bengkulu yang di ketuai oleh Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, M.M.

Bimtek Bengkuluprov-CSIRT ini menjadi rangkaian kegiatan Launching Bengkuluprov-CSIRT pada hari yang sama tepat pukul 14.00 Wib resmi diluncurkan oleh Gubernur Provinsi Bengkulu yang diwakili Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu, Rosjonsyah.

Selain Tim dari BSSN yang dikoordinatori oleh Sriyanto selaku Kasubdit Penanggulanan dan Pemulihan Pemerintah Daerah Wilayah I BSSN Jakarta juga hadir sebagai narasumber dari BSSN Dr. Bisron Wahyudi bersama rombongan.

Dalam sambutannya, Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah, Hasto Prastowo mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan CSIRT ke daerah-daerah dan untuk tahun ini ke provinsi-provinsi, yang kedua terkait keamanan informasi dan teknologi informasi.

"Karena saat ini pemerintah sudah menargetkan harus punya sistem teknologi informasi termasuk SPBE. Disitu adalah basisnya teknologi informasi, pasti banyak kelemahan-kelemahan yang harus dijaga, Tim CSIRT ini adalah tim yang menjaga keamanannya," jelasnya.

"Diharapkan kesadaran pengelola sistem elektroniknya dan sistem pemerintahan tentang keamanannya kalau terjadi insiden, sudah punya pengetahuan keamanannya dan segera dilaporkan ke BSSN," lanjut beliau.

Salah satu peserta bimtek Bengkuluprov-CSIRT dari Dinas Kominfo Kota Bengkulu, Erika Ariesanti menyampaikan rasa terimakasih atas terselengaranya acara Bimtek ini.

"Materi yang disampaikan menarik, menambah wawasan serta menjadi mengerti dan memahami, mudah-mudahan kedepannya Dinas Kominfo Kota Bengkulu juga bisa launching CSIRT," ungkap Erika.(ADV)

Tidak ada komentar