Breaking News

146 Orang Meninggal Dilaporkan Selama 12 Hari

Plt Kadis Dukcapil Kota Drs. Widodo

Realitapost.com, Bengkulu -
Tercatat sudah ada 146 orang meninggal daoam kurun waktu hanya 12 hari selama bulan Juli ini. Terhitung mulai tanggal 1 hingga 12 Juli ini.

Plt Kadis Dukcapil Kota Bengkulu, Drs. Widodo, kepada wartawan ini, Selasa siang (13/7/2021), membenarkan bahwa setiap hari selalu mencatat laporan orang yang meninggal baik dari warga ahli musibah atau dari perangkat Pemerintahan Kota ditingkat bawah mulai dari RT, Lurah hingga Camat.

Apalagi berdasarkan intruksi dari Kemendagri dan sejalan dengan program visi misi Walikota Bengkulu dalam membantu dan meringankan beban warga Kota yang tertimpa musibah kematian maka setiap warga yang meninggal dunia wajib dilaporkan untuk kemudian dibuatkan akte kematian.

"Tujuan kita menerbitkan akte kematian agar mempermudah warga ahli musibah atau ai waris untuk mengurus administrasi berbagai keperluan. Semisal sangkut paut pinjaman bank dari almarhum atau Taspen bagi ASN yang meninggal atau hal lainnya," ujarnya.

Namun demikian, pihak Dukcapil tetap mengedepankan upaya kehati-hatian dalam setiap proses pembuatan akte kematian agar tidak menimbulkan masalah hukum dikemudian hari.

"Makanya melalui program three in one bagi keluarga yang tertimpa musibah bisa langsung dibuatkan KK dan KTP terbaru serta akte kematian. Bahkan Pemkot juga menggelar kegiatan takziah setiap malam ketiga bagi warga kota yang ditimpa musibah," jelasnya.(gol)

Tidak ada komentar