Breaking News

Truk Sampah Benteng Dikerahkan Atasi Serbuan Sampah Pantai Panjang

Realitapost.com, Bengkulu - Sebanyak 1 unit armada angkutan sampah dari Kabupaten Bengkulu Tengah Dikerahkan untuk membantu atasi serbuan sampah dikawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Hal ini menjadi pertanyaan banyak pihak akan ketersediaan armada angkutan sampah miliki kota Bengkulu yang konon hanya 6 unit lagi yang bisa beroperasi. Sedangkan 6 unit sudah tidak dapat difungsikan lagi, alias rusak parah.

Tak hanya itu, alat berat yang beroperasi di dalam kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Sebakul sudah rajin rusaj karena dimakan usia dan layak di upgrade. Sehingga wajar bila serbuan sampah tidak hanya mengepung kawasan pantai panjang. Tapi hampir disemua Kelurahan yang ada Tempat Pembuangan Sementara (TPS) membludak.

Salah satu pedagang Pantai Panjang, Yanti mengaku terima kasih atas langkah Pemprov melibatkan armada angkutan sampah dari Kabupaten Benteng. Sehingga sangat membantu proses pengangkutan sampah yang sudah sangat parah di kawasan Pantai Panjang.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu, Iskandar Novianto, AK, M. Si, secara khusus mengapresiasi langkah serbuan kebersihan sampah dikawasan Wisata Pantai Panjang yang diinisiasi Gubernur Bengkulu bersama seluruh jajarannya.

Hal itu disampaikan Iskandar, disela-sela keikutsertaannya dalam kegiatan kebersihan massal, Sabtu pagi (8/1/2022).

Dia menjelaskan langkah ini menjadi awal yang sangat baik dalam menciptakan suasana bersih dan indah dikawasan wisata unggulan Provinsi Bengkulu Pantai Panjang. Selain itu juga sebagai cara mengedukasikan masyarakat khususnya para pengunjung untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang tempat.

"Makanya kita harapkan ini tidak hanya sesaat. Tapi disiapkan formula yang tepat dan terukur sehingga sistem kebersihan dan keindahan kawasan wisata Pantai Panjang betul-betul mampu menjadi trigger bagi masyarakat untuk terbiasa hidup bersih dan indah," jelasnya.

Bila kawasan Pantai Panjang ini bersih dan tertata baik, maka lanjutnya, bukan tidak mungkin wisata oantai Bali kalah jauh dengan objek wisata Pantai Panjang." Jadi saya mengimbau kepada adik sanak untuk senantiasa menjaga dan memelihara kebersihan sehingga mampu memberikan kenyamanan dan keindahan bagi pengunjung yang datang," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Kantor Satpol PP Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, M. Si, mengaku sesuai dengan instruksi khusus yang diberikan Gubernur Rohidin Mersyah agar menempatkan petugas guna mengawasi dalam menjaga kebersihan disepanjang pantai panjang.

"Kita akan libatkan pihak Gakum terhitung mulai hari ini. Untuk, kita tempatkan petugas didelapan titik mengawasi sekaligus mengimbau kepada pedagang dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya," jelasnya.(red)

Tidak ada komentar