Breaking News

TP PKK Provinsi Dukung UMKM Lokal dan Masyarakat RL Bebas Stunting


REALITAPOST.COM, BENGKULU --
Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bengkulu dukung UMKM produk lokal terus berkembang, dan mampu menyokong ketahanan keluarga. Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Derta Rohidin saat Supervisi 10 program pokok PKK di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Rabu (19/10/2022). 

"Produk UMKM daerah sudah semakin berkembang, dengan mengedepankan produk lokal yang berkualitas. Apalagi dikemas dengan packaging yang menarik, pasti akan menghasilkan income bagus guna menyokong ekonomi keluarga," terang Derta yang juga sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu.


Lebih lanjut, terkait Supervisi 10 program pokok PKK dirinya meminta para kader PKK mulai dari Kabupaten hingga Desa mampu mengimplementasikan di masyarakat. Hal ini, guna mewujudkan kesejahteraan keluarga dan membentuk generasi berkualitas, sehat, cerdas, bebas stunting. 

"Para kader PKK Rejang Lebong sudah sangat paham bagaimana menerapkan 10 program PKK di masyarakat. Ini terbukti, semua kader yang menjawab pertanyaan semuanya benar. Terus semangat untuk Rejang Lebong, berjuang bersama dalam penanganan stunting di daerah," seru Derta.

Kemudian, dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK perlu dilakukan secara berjenjang dan tertib administrasi serta data yang ada di desa, kecamatan maupun kabupaten harus saling sinkron dan jelas sumber datanya. Hal ini agar visi misi PKK dalam mendukung program pemerintah dapat tecapai secara maksimal. 

"Dalam penyusunan program kerja masing-masing pokja harus sinkron dan selaras dengan TP PKK pusat, yang nantinya disampaikan melalui TP PKK Provinsi. Begitupun, dalam laporan nantinya data yang disampaikan harus benar-benar kondisi riil agar dapat menjadi acuan dan dasar dalam perencanaan program PKK kedepan," jelas Derta.

Senada dengan itu, Ketua TP PKK Rejang Lebong Hartini Syamsul mengungkapkan pendampingan dari TP PKK Provinsi sangat penting. Oleh sebab itu, para kader mampu mengimplementasikannya di masyarakat. 

"Terima kasih atas pendampingan dari Ketua TP PKK Provinsi dan rombongan. Kami sangat merasakan apa yang sudah diberikan selama ini, sungguh sangat bermanfaat bagi PKK Kabupaten dan hal itu juga kami teruskan ke kecamatan, desa hingga dasawisma," terangnya.

TP PKK Provinsi Bengkulu melakukan roadshow ke 9 kabupaten/1 kota, guna melakukan supervisi pelaksanaan 10 program Pokok PKK. Dan nantinya dengan melihat langsung kondisi di lapangan, dapat menentukan program yang akan dilakukan pada tahun depan.(adv)

Tidak ada komentar