Breaking News

DPMD Bengkulu Harapkan BUMDes Bidik Peluang Usaha Grosiran


REALITAPOST.COM, BENGKULU --
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu RA Denni mengatakan pembentukan sebuah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan tetap membawa semangat gotong royong untuk masyarakat desa. 

Denni mengingatkan pembentukan BUMDes di setiap desa jangan hanya sebagai gaya-gayaan atau mengikuti euforia. Mengingat amanah dari anggaran desa yang tidak kecil dan kondisi masyarakat yang mengharapkan adanya perbaikan kesejahteraan bersama.


Oleh karenanya kehadiran BUMDes diharapkan menjadi katalis bagi pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

"Prinsip adanya pemerintah desa itu adalah pelayanan langsung kepada masyarakat. Maka jelas BUMDes hadir untuk orientasi sosial. Memang benar untuk profit PADes, tetapi jangan sampai mematikan usaha dari warga yang sudah ada," kata Denni, Senin (07/11/2022) 

Ia juga mengusulkan perangkat desa untuk membentuk BUMDes yang bergerak di sektor grosir yang mendukung usaha mikro masyarakat. Hal itu agar bisa saling bersinergi dengan usaha dan potensi masyarakat di desa tersebut.

“Jadi reseler atau jualan bisa di BUMDes, atau bisa juga BUMDes jadi marketing dari usaha industry rumahan. Jadi bisa mengangkat bersama. Atau kalau mau bisa membangun wisata di desa, karena dengan begitu semua sektor bisa meningkat bersama sama,” ungkapnya.(ADV)


Tidak ada komentar