Breaking News

Hari Pertama, KPU Bengkulu Terima 2 Balon


REALITAPOST.COM, BENGKULU - Hari pertama pendaftaran bakal calon (Balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di KPU Provinsi Bengkulu tercatat sudah 2 nama yang sudah resmi mendaftarkan diri.

Kedua Balon yang mendaftar itu adalah Dr. Rahimandani tepat pukul 13.00 WIB dan sebelumnya Apt. Destita Khairilisani, S. Farm, MSM, yang menjadi pendaftar pertama.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra,S. Ag, MM, Jumat (16/12/2022), kepada wartawan menjelaskan bahwa hari ini telah resmi dimulai tahapan penyerahan dokumen dukungan untuk bakal calon DPD RI dalam Pemilu 2024 yang pelaksanaannya dimulai tanggal 16 Desember hingga 29 Desember.

"Jadi setelah dokumen diserahkan nanti KPU akan melakukan verifikasi sampai tanggal 14 April 2023, untuk memastikan dokumen dukungan sudah memenuhi dukungan minimal baik secara administratif dan faktual. Artinya data nama-nama dukungan KTP dan pernyataan itu sesuai atau tidak. Dan akhir April akan ditetapkan terpenuhi syarat tersebut," ujarnya.

Dia menambahkan, dalam mekanisme verifikasi faktual (Vertual) dukungan KTP yang diserahkan tidak seluruh. Tetapi, KPU menggunakan sistem sampel sama seperti Vertual Partai Politik sebelumnya yang menggunakan rumus yang dilakukan secara terbuka.




Sementara itu, pantauan wartawan di lapangan. Balon pertama, Destita Khairilisani terlihat menaiki angkot bersama para pendukung mendatangi KPU Provinsi Bengkulu sekitar pukul 08.00 WIB. Sedangkan balon kedua, yakni Dr. Rahimandani yang juga sebagai Dosen mendaftarkan diri sekitar pukul 13.00 WIB.

Destita dalam sesi konferensi pers menyatakan siap maju sebagai calon Anggota DPD RI Dapil Bengkulu dengan dukungan KTP sebagai 2.800an yang sudah diserahkan secara resmi ke KPU. Selanjutnya, akan mempersiapkan semua data dan dokumen pendukung yang akan dibutuhkan KPU saat verifikasi faktual dukungan yang sudah diserahkan.

Disisi lain, Dr. Rahimandani kepada wartawan menyatakan mohon restu kepada masyarakat Provinsi Bengkulu agar proses tahapan pendaftaran sebagai bakal calon berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan.
(Reporter : Damar / Editor : Dian Marfani)

Tidak ada komentar