Breaking News

KNPI Kota Didampingi Dinkes Provinsi Salurkan Bantuan Korban Banjir

KNPI Kota bersama Dinkes Provinsi secara bersamaan menyalurkan bantuan korban banjir didua lokasi terdampak. Selasa (24/1/2023).


Realitapost.com, Bengkulu - Dalam menyikapi musibah bencana alam banjir yang melanda Kabupaten Benteng dan Kota Bengkulu. Dari rombongan kelompok anak muda DPD KNPI Kota Bengkulu berinisiatif dan bergerak menyalurkan bantuan sosial kepada warga masyarakat yang terdampak banjir, khususnya di Kota Bengkulu, "Hari ini, kami tadi pagi gerakan spontan. Kita ajak kawan-kawan KNPI untuk kumpulan dana dan ikut disupport Ketua KNPI Provinsi Hj. Riri Damayanti dimana setelah dana nya terkumpul kami siang mulai pukul 11.30 WIB langsung bergerak kita menyalurkan ratusan nasi bungkus serta puluhan dus air mineral juga ada roti dan snack kepada warga di Sawah Lebar dan Sukamerindu yang terdampak banjir," ungkap Ketua DPD KNPI Kota Bengkulu Supratman S.Sos, M.Si, Selasa (24/1/2023).

Dijelaskan oleh Ketua DPD KNPI Kota Bengkulu yang akrab dipanggil Iwan itu. Gerakan ini murni bentuk kepedulian mereka selaku anak muda yang terpanggil melihat penderitaan warga terkena banjir, "Mungkin bantuan kami ini tidak seberapa. Tapi inilah yang bisa kami lakukan dan kami berikan. Menyikapi persoalan banjir yang kerap terjadi ini. Saya ingin menyampaikan pesan pada pemerintah daerah. Baik Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota. Kalau lah memang sulit untuk menyelesaikan persoalan banjir ini dari hulu nya. Maka sebaiknya pemerintah daerah bisa mulai melakukan langkah lain, karena bencana alam ini menjadi semakin rutin, sebaiknya pemda bersama para wakil rakyat di DPRD bisa mulai menganggarkan penambahan dana untuk mitigasi bencana ataupun anggaran dana untuk Bantuan Sosial (Bansos). Jangan sampai karena adanya musibah bencana alam banjir ini rakyat menjadi kelaparan, dan masyarakat yang berada di daerah rawan banjir hendaknya diberikan pelatihan mitigasi bencana agar mereka siap saat musibah banjir itu terjadi, saat musibah ini datang, rakyat butuh makan, rakyat butuh minum, mereka butuh obat-obatan, tenda untuk membuat posko serta butuh rakit ataupun perahu karet. Semua kebutuhan itu mestinya Pemda dapat menyiapkannya," tegas Iwan.

Ditambahkan oleh Ahmad Nasti Nasution dan Dian Marfani alias Damar. Gerakan yang mereka lakukan juga dalam rangka menggugah para dermawan lainnya untuk turun membantu masyarakat yang terkena banjir, "Tidak usah takut dibilang pencitraan. Yang terpenting niat kita untuk membantu sesama. Lebih baik bergerak daripada banyak komen di Medsos tapi tidak ada gerakan," tambahnya.

Sementara itu dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Herwan Anthoni M.Si yang saat KNPI menyalurkan bantuan di daerah Sawah Lebar rombongan Dinkes Provinsi tersebut sudah tiba lebih dulu, Kadis Dinkes tersebut turut mengapresiasi gerakan para anak muda KNPI, "Kita sangat mengapresiasi gerakan adek-adek KNPI. Dimana kami juga turun dan memberikan bantuan obat-obatan untuk warga yang terkena banjir," kata Herwan Anthoni.

Dari Salah satu warga RT 08 Kelurahan Sukamerindu Aminuddin dia mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian dari rombongan anak muda KNPI, "Kami ucapkan terima kasih atas bantuannya. Dimana saat ini rumah kami masih terendam untuk itu sementara kami mengungsi dulu," kata Ameng panggilan akrabnya. (**)

Tidak ada komentar